Tag

, ,

perlengkapan bayi hanadora2

perlengkapan bayi

Anak adalah karunia yang selalu dinantikan dan merupakan titipan Tuhan Yang Maha Esa bagi setiap pasangan suami istri di manapun berada. Anak ibarat anugerah pelengkap kehidupan berumah tangga yang semakin sempurna. Kebahagiaan yang tak terkira pasti dirasakan oleh setiap keluarga yang baru dikaruniai seorang anak. Bahkan euphoria bukan hanya ketika sang anak lahir ke dunia, tetapi sudah mulai terasa sejak sang ibu mengandung calon buah hatinya. Maka tak heran berbagai persiapanpun perlu dipertimbangkan guna menyambut kelahiran calon bayi tercinta.

Hal tersebut seakan-akan bukan hanya kewajiban setiap pasangan yang dikaruniai anak, tetapi sudah menjadi hal penting yang dipikirkan oleh orang-orang terdekat seperti orang tua dan seluruh anggota keluarga besar. Itulah sebabnya anda perlu bertanya pada seluruh anggota keluarga mengenai perlengkapan bayi apa saja yang perlu disiapkan untuk kebutuhannya nantinya. Membuat daftar perlengkapan yang wajib anda siapkan sebaiknya dilakukan dengan mengelompokan beberapa kebutuhan sesuai tingkat prioritas sehingga anda mengetahui apa saja yang wajib didahulukan dan pengeluaranpun akan lebih mudah diatur serta dikondisikan dengan baik.

Perlengkapan pakaian bayi

Pakaian merupakan kebutuhan pokok yang wajib anda siapkan untuk menyambut kelahiran bayi anda. Dalam memilih pakaian untuk bayi, pastikanlah bahan yang digunakan memiliki serat yang nyaman bagi kulit bayi supaya tidak mengalami iritasi dan sejenisnya. Jangan lupa pilihlah pakaian yang sesuai dengan jenis kelamin bayi anda. Jika ia perempuan, maka berikanlah pakaian yang terlihat manis dengan warna-warna merah jambu, biru langit, ungu dan lainnya. Sedangkan untuk bayi laki-laki, pilih pakaian dengan warna yang cocok seperti biru dan hijau. Pemilihan motif pakaian juga menjadi hal yang tidak kalah penting untuk disesuaikan berdasarkan gender anak anda. Beberapa jenis pakaian yang perlu disiapkan yaitu:

  • Setelan pakaian lengan panjang dan celana panjang,
  • Setelan lengan pendek dan celana pendek,
  • Jaket dan sweater,
  • Popok,
  • Kaos tangan dan kaos kaki,
  • Penutup kepala bayi.

Perlengkapan mandi dan kebersihan

Kebutuhan mandi bayi tentu berbeda dengan kebutuhan mandi orang dewasa. Pilihlah perlengkapan yang cocok dan khusus untuk bayi supaya tidak menimbulkan alergi kulit dan lain sebagainya. Perlengkapan mandi seperti sampo dan sabun untuk bayi harus bebas dari bahan kimia. Utamakanlah produk-produk yang menggunakan bahan alami demi keamanan si kecil. Dan berikut ini beberapa perlengkapan mandi sekaligus alat-alat kebersihan yang perlu anda siapkan, yaitu:

  • Bak mandi khusus bayi,
  • Perlak mandi,
  • Bedak khusus bayi,
  • Handuk,
  • Tisu basah non alkohol,
  • Gunting kuku khusus bayi.

Perlengkapan tidur bayi

Perlengkapan tidur bayi diperlukan agar menciptakan kenyamanan bayi anda selama ia tidur dan mengoptimalkan waktu istirahatnya. Pastikanlah perlengkapan yang anda pilih nyaman dan lembut supaya ia tidur lelap dengan nyenyak. Berikut ini perlengkapan yang wjaib dipersiapkan, yaitu:

  • Tempat tidur khusus bayi dengan pengamanan sesuai standar.
  • Kasur, bantal dan guling yang nyaman.
  • Selimut, perlak dan alas bayi.

Selain itu, tidak ada salahnya jika anda mempersiapkan perlengkapan bayi untuk digunakan ketika berpergian seperti tas bayi untuk menyimpan perlengkapan yang ia butuhkan hingga gendongan silang yang pasti diperlukan suatu saat nanti ketika usianya sudah cukup siap melakukan perjalanan. Untuk mendapatkannya tentunya sangat mudah, anda bisa membelinya melalui toko bayi online yang sudah banyak kita temukan di internet. Itulah sekiranya beberapa perlengkapan yang perlu anda siapkan guna menyambut kelahiran anak yang anda nantikan bersama pasangan dan keluarga besar.