Tag

,

tes cpns

Tiap tahunnya, ujian menjadi PNS alias Pegawai Negeri Sipil diadakan, dan setiap kali banyak yang berbondong-bondong mendaftar. Ujian masuk PNS memang dianggap sebagai tiket mendapatkan posisi bagus dalam hidup, dan bagi beberapa orang, menjamin kenyamanan. Banyak yang tertarik terutama karena gaji PNS cukup besar, terutama bagi yang sudah berada di posisi atas.

Namun perjuangan menjadi PNS tidaklah mudah. Lihat sendiri setiap tahunnya, ribuan orang yang mendaftar, dan hanya beberapa yang diterima. Jumlah lowongan yang tersedia jelas lebih sedikit daripada jumlah pelamarnya. Hal ini membuka pertanyaan penting bagi Anda jika memang serius ingin menjadi seorang PNS, apakah Anda sudah siap dan layak menjadi seorang pegawai negeri?

Di dalam UU No.43 Tahun 1999, dikatakan bahwa pegawai negeri bertugas menjamin tentang penyelenggaraan tugas pemerintahan dan pembangunan. Ini bukanlah tugas yang mudah, dan itu berarti Anda harus memastikan diri mampu memenuhi persyaratan. Adapun syaratnya menurut PP No.11 Tahun 2002 adalah:

  • Warga Negara Indonesia.
  • Berusia minimal 18 tahun, dan maksimal 35 tahun.
  • Tidak mempunyai catatan kriminal (dipenjara karena tindak pidana).
  • Tidak pernah diberhentikan tanpa permintaan sendiri, baik secara hormat atau tidak hormat, sebagai PNS ataupun pegawai swasta.
  • Tidak sedang menjadi seorang calon/pegawai negeri.
  • Punya pendidikan dan keahlian yang diperlukan.
  • Punya kelakuan baik.
  • Sehat jasmani dan rohani.
  • Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Republik Indonesia sesuai dengan yang ditentukan pemerintah.
  • Syarat lain dalam persyaratan jabatan.

Apa rahasianya supaya bisa lulus dalam ujian menjadi seorang PNS? Jawabannya adalah tak ada rahasia pasti. Ada banyak faktor kenapa seseorang bisa jadi PNS, namun terutama adalah karena dia lulus ujian, dan kemampuannya memang dibutuhkan di tempat dia melamar. Apakah Anda mempunyai kemampuan tersebut? Penyaringan dalam PNS akan dilakukan dalam tahap ini:

1. Pemeriksaan secara administratif
Surat lamaran Anda akan diperiksa, apakah sesuai dengan syarat yang diberikan. Jika sesuai, Anda bisa ikut ujian penyaringan. Jika tidak, maka surat akan dikembalikan.

2. Ujian penyaringan
Inilah yang akan mengetes apakah Anda kompeten atau tidak. Materinya termasuk:

  • Tes untuk kompetensi
    Apa yang dibutuhkan jabatan, pengetahuan umum dan teknis, Bahasa, kebijaksanaan pemerintah, dll.
  • Psikotest
    Untuk tahu kepribadian Anda, termasuk minat dan bakat.

Secara umumnya, jika Anda ingin sukses menjadi PNS, hal-hal berikut harus diperhatikan:

  1. Sering-seringlah melakukan latihan untuk tes CPNS dari buku-buku yang banyak beredar.
  2. Lihat lowongan pekerjaan yang tersedia di saat berita penerimaan PNS diumumkan, mana yang skillset-nya paling cocok dengan Anda.
  3. Ketika Anda melakukan wawancara kerja, kenakanlah pakaian yang rapi.
  4. Tenangkan diri sebelum mengerjakan tes. Anda tidak akan bisa melakukannya jika gugup. Jalani saja seperti air mengalir.
  5. Datanglah lebih awal sebelum tes dimulai untuk memberikan waktu menenangkan diri.
  6. Gunakan alat tulis yang bagus, sehingga Anda tidak mengalami kesulitan ketika mengerjakan tes.
  7. Daftar ke beberapa lowongan sekaligus selama Anda masih memenuhi syaratnya, supaya semakin besar kesempatan Anda mendapatkan panggilan.

Menjadi seorang PNS memang punya prospek menggoda, apalagi gaji yang ditawarkan juga lumayan, dengan adanya berbagai tunjangan dan jaminan untuk keamanan kerja Anda. Namun itu bukan satu-satunya tujuan Anda. Jadikan tujuan Anda sebagai menyumbangkan keahlian Anda untuk departemen atau instansi yang memerlukannya, sehingga Anda punya kemungkinan lebih besar diterima, karena Andalah yang diperlukan.

Iklan